Halo sahabat semuanya sebelumnya sudah membahas cara membuat nasi liwet teri enak dan gurih nah sekarang pada artikel ini saya ingin berbagi tutorial cara membuat nasi goreng bakso yang lezat.

Gimana? udah penasaran belum dengan cara masak nasi gorengnya? Sebelum ke tutorialnya kita bahas dulu nih mengenai sejarah nasi goreng. Yuk langsung saja ke sejarah nasi goreng.

Sejarah Nasi Goreng

Nasi goreng ternyata tidak asing lagi bagimasyarakat di Indonesia, hingga orang tidak lagi peduli dari mana sih asal nasi goreng itu. Makanan satu ini sebenarnya adalah resep bawan dari negeri tirai bambu. Nasi goreng ternyata sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu, yaitu sekitar tahun 4000 Sebelum Masehi.

Makanan ini bukan berasal dari Indonesia, melainkan sebagai makanan tradisional masyarakat Tionghoa. Masyarakat Cina memang sudah tidak asing lagi dengan nasi. Awal mulanya nasi goreng berasal dari kecenderungan masyarakat Cina yang tidak tega membuang nasi sisa.

Untuk menghindari agar tidak mubazir, mereka memilih untuk menggoreng kembali nasi yang sisa. Agar tetap enak, nasi sisa digoreng lagi lalu ditambahi bumbu bumbu penyedap, dan juga mereka menambahkan topping atau pelengkap seperti sayur dan ayam. Jadilah nasi goreng.

Bagaimana bisa sampai di Indonesia? Pada abad ke-10, masyarakat Tionghoa mulai masuk ke Indonesia. saat itu mereka tersebar di berbagai pulau. Di tempat yang mereka diami, dibuatlah nasi goreng. Namun yang bikin berbeda, nasi goreng tersebut disesuaikan dengan bahan yang terdapat ditempat atau di daerah tersebut.

Maka dari itu ada nasi goreng seafood untuk orang daerah dekat pantai dan nasi goreng sayur untuk masyarakat daerah pegunungan.

Cara Membuat Nasi Goreng Bakso Yang Lezat

Bahan Bahan Cara Membuat Nasi Goreng Bakso

  • 1 piring Nasi putih
  • 3 butir bakso
  • 2 tomat sayur (opstional)
  • 5 bawang merah
  • 1 butir telur
  • 2 bawang putih
  • 5 lombok merah ukuran sedang
  • 1 helai daun bawang
  • secukupnya Garam
  • sejumput Merica
  • 2 sdm kecap asin
  • sesuai selera Kecap manis
  • 2 sdm Saus tiram
  • Kaldu bubuk (opstional)
  • Minyak untuk menggoreng

Langkah Langkah Cara Membuat Nasi Goreng Bakso

  1. Potong brambang bawangnya kecil kecil, lombok dan bakso potong menjadi beberapa bagian, kemudian tumis sampai harum, setelah minyak panas. (Minyak jangan terlalu banyak. Lebih baik, kalau kurang baru nambah.) Aduk sesekali.
  2. Setelah bau harum, dan lombok, bawang brambang lemas,bakso agak kering (atau sesuai selera), masukkan telor sambil diorak arik. Tambahkan garam, merica. Sesekali aduk dan biarkan sampai matang
  3. Setelah matang semua, masukkan nasi putih, aduk rata. Setelah nasi lemas, tambahkan saus tiram, kecap manis, kaldu bubuk. Aduk sampai rata dan koreksi rasa
  4. Setelah diaduk dan dicicip, bisa masukkan tomat, disesuaikan dengan selera ya, untuk kadar empuknya tomat. Dan setelah cocok, tambahkan daun bawang yang sudah dipotong kecil, aduk rata dan siap dihidangkan
  5. Jangan lupa ditambahkan acar, bawang goreng tapi itu opsiional ya, selamat mencoba 🙂

Resep Nasi Goreng

Nah itu dia resep cara membuat nasi goreng bakso yang lezat. Kalian bisa kreasikan topping untuk nasi gorengnya sesuai kreasi kalian ya. Oh iya untuk resepnya sendiri kalian bisa banget menggunakan rice cooker besar atau kalian juga bisa menggunakan alat penanak nasi besar.
Gimana… mudah bukan resepnya? jangan dibaca aja ya, kalian harus mencobanya juga. Kalian pasti sudah tidak sabar ya untuk mengikuti resep cara masak nasi goreng yang enak seperti di restoran. Selamat mencoba ya

 

 

By Muhammad Luthfi Ananto

Saya, seorang penulis di bisnisusahaonline.com, memiliki ketertarikan yang besar terhadap perkembangan teknologi, terutama di bidang IT. Saya senang dalam proses belajar yang berkelanjutan dan dengan senang hati berbagi wawasan seputar bisnis serta tips terkini dengan pembaca kami.