Bisnis Usaha Online https://bisnisusahaonline.com Portal Informasi Berbagai Bisnis Usaha Onine Thu, 24 Sep 2020 04:17:38 +0000 en-US hourly 1 https://wordpress.org/?v=5.5.1 https://bisnisusahaonline.com/wp-content/uploads/2018/08/cropped-bisnisusahaonline-32x32.png Bisnis Usaha Online https://bisnisusahaonline.com 32 32 Resep Cara Membuat Salad Buah Untuk Dijual https://bisnisusahaonline.com/cara-membuat-salad-buah-untuk-dijual/ Thu, 24 Sep 2020 04:17:38 +0000 http://bisnisusahaonline.com/?p=4256 Hella fellas apakabar kalian semua? mimin harap keadaan kalian semua dalam kondisi yang yang baik-baik aja ya! Pada artikel kali ini mimin bakal share tentang cara membuat salad buah untuk dijual. Yepp, resep salad buah yang mimin bagiin kali ini cocok banget diterapin buat kalian yang ingin merintis usaha salad buah tapi bingung bagaimana memulainya. […]

The post Resep Cara Membuat Salad Buah Untuk Dijual appeared first on Bisnis Usaha Online.

]]>
Hella fellas apakabar kalian semua? mimin harap keadaan kalian semua dalam kondisi yang yang baik-baik aja ya! Pada artikel kali ini mimin bakal share tentang cara membuat salad buah untuk dijual. Yepp, resep salad buah yang mimin bagiin kali ini cocok banget diterapin buat kalian yang ingin merintis usaha salad buah tapi bingung bagaimana memulainya. Dari yang biasa aja sampe yang bikin kalian tertantang untuk nyobain resepnya hihihi.

 

Resep Cara Membuat Salad Buah Untuk Dijual

Dengan memadukan antara kelezatan, kesegaran, dan kesehatan. Makanan penutup yang satu ini tentunya sangat digandrungi sebagian besar anak muda di negara kita ini. Apalagi dengan cuaca yang sedang panas-panasnya ini, salad buah segar adalah solusinya selain . Persaingan usaha di bidang ini tergolong sangat ketat, tapi dengan adanya resep-resep inovatif ini bisa jadi senjata utama kalian meraup keuntungan dan menjajah pasar salad buah. Baiklah tanpa basa-basi lagi mari kita menuju ke resepnya.  

1. Resep Salad Buah Enak Dan Praktis

Bahan:

  • 2 buah apel merah
  • 1 buah pir
  • 1 buah mangga
  • 1/4 buah semangka
  • 1/4 buah melon
  • 2 buah kiwi
  • 1/4 kg buah anggur
  • 1 bungkus nutrijell
  • 100 gr mayonaise
  • 1 sendok makan susu
  • 100 ml susu kental manis
  • 2 cup yoghurt
  • 1 sendok makan madu

Cara Membuat Resep Salad Buah Enak Dan Praktis:

  1. Cuci bersih semua buah dan kupas lalu potong potong membentuk dadu kecil, kecuai buah anggur dan kiwi dan simpan semuanya dalam lemari es
  2. Campurkan yoghurt, susu kental manis, madu, dan mayonaise ke dalam mangkuk dan aduk hingga merata. Sesuaikan selera kalian masing-masing
  3. Setelah selesai diaduk, masukkan semua buah yang ad di kulkas tadi ke dalam saus yang udah diaduk
  4. Aduk hingga merata lagi lalu taburkan keju parut sesuai selera dan tutup rapat
  5. Langkah terakhir adalah simpan salad buah ke dalam kulkas selama kurang lebih 3 jam dan siap disajikan

2. Resep Salad Buah Creammy

Bahan-bahan:

  • Buah segar sesuai selera kalian
  • Agar-agar atau jelly
  • 1 cup yoghurt
  • 1 sendok makan air jeruk nipis atau perasan lemon
  • 3 sendok makan mayonaise
  • 1 sendok teh parutan kulit lemon
  • 1 sacshet susu kental manis putih atau krimer
  • 50 gram keju cheddar parut

Cara Membuat Salad Buah Creammy:

  1. Untuk langkah pertama kali ini sebelumnya kita memilih buah apa saja yang akan kamu jadikan isian saladnya nanti.
  2. Setelah itu kamu harus membersihkan buah-buahan tersebut serta mengupasnya jika buahnya perlu dikupas. Lalu bersihkan kembali dengan air bersih dan tiriskan air cuciannya sampai kering dengan sempurna.
  3. Setelah dikupas dan dicuci, kemudian kamu bisa potong-potong buahnya sesuai seleramu atau kalau admin lebih suka dipotong kecil-kecil agar mudah menyantapnya. Pastikan pisau yang kamu gunakan bersih ya.
  4. Setelah semua buahnya terpotong dan ditaruh dalam wadah, sekarang kita akan membuat sausnya dan inil

Membuat sausnya:

  1. Dalam sajian kali ini kita akan menggunakan wadah saus yang berukuran medium. Kemudian masukkan yoghurt beserta 3 sendok makan mayonaise yang sudah kita siapkan tadi, lalu aduk dengan rata sampai keduanya tercampur.
  2. Bila keduanya sudah rata tercampur, sekarang kita tinggal masukan susu kental manisnya tadi dan aduk kembali sampai merata. Jika kamu menyukai rasa asam-asam segar bisa juga ditambahkan sedikit perasan air jeruk nipis.
  3. Setelah semuanya diaduk merata, sekarang giliran parutan lemon yang masuk ke dalam adonan saus nya. Kulit lemon dapat memberikan aroma serta sensasi segar nan lezat. Aduk kembali dengan perlahan sampai semuanya tercampur rata.
  4. Langkah selanjutnya adalah menuangkan adonan saus yang kita buat tadi ke dalam  wadah yang berisi campuran buah-buahan yang sudah kita siapkan sebelumnya tadi.
  5. Tidak selesai sampai di sini, jika kalian menyukai keju, kita bisa tambahkan keju sebagai opsional serta sentuhan akhir agar salad yang kita buat terlihat hidup.

Satu resep sudah kita selesaikan, selanjutnya kita akan menuju ke resep kedua yang mana resep ini beda dari yang lain dan ngga kayak salad buah pada umumnya, yaitu salad buah naga.

3. Resep Salad Buah Naga

Bahan-bahan:

  • 1/4 buah naga ukuran besar
  • 1/4 buah apel hijau
  • 1/2 buah quini
  • Buah pepaya matang secukupnya
  • Jeruk kaleng secukupnya
  • 2 sendok makan yoghurt
  • 2 sendok makan mayonaise
  • 1 sendok makan susu kental manis

Cara Membuat Salad Buah Naga:

  1. Sama seperti pada resep sebelumnya, cuci semua buah yang ada hingga bersih, kemudian potong-potong dadu atau secara rapi tergantung selera kalian.
  2. Kemudian masukkan ke dalam wadah yang sudah disediakan dan setelah ini kita akan membuat sausnya

Membuat saus:

  1. Masukkan yoghurt ke dalam wadah terpisah
  2. Kemudian campurkan dengan mayonaise dan aduk kembali hingga merata
  3. Jangan lupa tuk memasukkan susunya dengan satu sendok makan, sebenarnya ini opsional kalo kalian suka dengan salad yang creamy bisa juga 2 atau 3 sendok, tidak harus sama dengan admin.
  4. Aduk semuanya sampai merata, setelah rata bisa ditambahkan keju di atasnya sebagai topping. Ini juga opsional bagi kalian penikmat keju mungkin bisa memadukannya.

Yeay, 2 resep sudah kita kuasai, masih ada 3 resep selanjutnya yang akan bikin kamu ngga sabar untuk segera praktek. Kalo gitu mari kita lanjut ke resep berikutnya!

4. Resep Salad Buah Mozarella

Wahh.. kali ini ada yang berbeda, ngga kayak salad buah pada umumnya. Salad buah yang akan kita buat kali ini menggunakan keju mozarella sebagai sausnya. Kok bisa? penasaran kan? langsung aja ngga pake basa-basi ini resepnya.

Bahan-bahan:

  • 200 ml susu uht(kalo ngga ada susu uht bisa pake ssu lainnya, tapi admin nyarani pakai susu uht)
  • 3 sendok makan gula pasir
  • 50 gram keju parut atau sesuka kalian
  • 1 sendok makan maizena
  • 6 sendok makan mayonaise
  • 1 mozarella atau sesuka kalian

Cara membuat Salad Buah Mozarella:

  1. Cuci bersih buah kemudian kupas hingga terlihat menarik dan enak dipandang.
  2. Jika sudah selesai dikupas dan dicuci, potong-potong buah tersebut dengan selera kalian yang penting bentuknya masih bisa diterima.
  3. Selesai dipotong, masukan semua potongan buah-buahan tersebut dalam wadah. Disarankan kalo bisa wadah yang agak cekung.
  4. Setelah buahnya ditata dalam wadah tersebut, sekarang kita beralih ke sausnya.

Membuat saus:

  1. Masukkan susu ke dalam panci kemudian panaskan dengan api kecil, diikuti dengan memasukan 3 sendok gula pasir. Aduk hingga rata.
  2. Setelah susu dan gula pasir merata, kemudian mulai masukkan keju parut dan mayonaise bersamaan. Ingat, tetap gunakan api kecil dan selalu diaduk supaya ngga gosong dan adonannya merata.
  3. Sebelum diangkat, tuangkan maizena sebagai pelengkap.
  4. Kalo dirasa udah cukup, matikan kompor dan tuang adonan tadi ke dalam wadah yang sudah tertata buah-buahan tadi.
  5. Nyalakan kembali kompor dan masukkan keju mozarella nya, panaskan sebentar saja sampai setengah meleleh.
  6. Sekiranya udah cukup meleleh, matikan api kompor dan segera tuangkan keju mozarella yang sudah cair tersebut di atas salad nya tadi.

 

Cara Membuat Salad Buah Untuk Dijual Dengan Menarik

Selain dengan menggunakan resep yang udah mimin bagiin di atas, kalian bisa banget melakuakn improvisasi lainnya dengan melakukan inovasi pada cara pengemasan atau pada sistem pengirimannya

Untuk pengemasan mungkin kalian bisa menggunakan bahan premium dan diberi magic word atau kata-kata lucu nan menarik seperti contohnya memberikan semangat yang ditulis di kertas pada kemasan salad buahnya.

Sedangkan untuk pengirimannya, kalian bisa juga menggunakan jasa antar gratis yang mana ini sangat digemari bagi kebanyakan orang di Indonesia.

 

Jadi tunggu apalagi untuk memulai? Ayo mulai bereksperimen bersama mimin hihihi.

The post Resep Cara Membuat Salad Buah Untuk Dijual appeared first on Bisnis Usaha Online.

]]>
Cara Membuat Keripik Lumpia Renyah Yang Nikmatnya Seperti Odading Mang Oleh https://bisnisusahaonline.com/cara-membuat-keripik-lumpia-renyah/ Tue, 22 Sep 2020 06:26:34 +0000 http://bisnisusahaonline.com/?p=4252 Pada artikel sebelumnya, sudah dibahas bagaimana cara buat keripik bawang keju yang bisa dijadikan camilan ataupun pelengkap makanan berat. Nah kali ini, kita akan membahas tentang camilan keripik lagi yaitu cara membuat keripik lumpia yang renyah dan gurih. Tentunya sudah tidak asing lagi bukan dengan camilan yang satu ini. Cara pembuatannya pun hampir sama dengan […]

The post Cara Membuat Keripik Lumpia Renyah Yang Nikmatnya Seperti Odading Mang Oleh appeared first on Bisnis Usaha Online.

]]>
Pada artikel sebelumnya, sudah dibahas bagaimana cara buat keripik bawang keju yang bisa dijadikan camilan ataupun pelengkap makanan berat. Nah kali ini, kita akan membahas tentang camilan keripik lagi yaitu cara membuat keripik lumpia yang renyah dan gurih. Tentunya sudah tidak asing lagi bukan dengan camilan yang satu ini. Cara pembuatannya pun hampir sama dengan bagaimana cara membuat keripik kentang dan keripik-keripik lainnya.

Lumpia merupakan salah satu makanan khas kota Semarang. Tentu, anda sudah tidak asing dengan makanan yang satu ini. Makanan ini biasanya menjadi cemilan saat bersantai dirumah. Jika digoreng warnanya kecoklatan, bentuknya memanjang serta di dalamnya terdapat irisan wortel dan sayuran lainnya. Makanan yang menjadi kegemaran masyarakat Semarang ini terbagi menjadi dua jenis, ada yang basah dan juga kering. Namun, baik lumpia basah atau pun kering sama-sama mempunyai manfaat bagi kesehatan. Dalam makanan ini mengandung energi, protein, karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor, dan zat besi.

Olahan makanan lumpia pun mulai berkembang, lumpia yang biasanya berisi sayuran dan beberapa irisan daging ini, olahan lumpia kini sudah berkembang menjadi sebuah keripik yang banyak digemari oleh siapapun. Tidak hanya anak kecil saja, namun seluruh lapisan masyarakat menyukainya.

Nah, daripada kalian semua bingung harus membeli keripik lumpia dimana, mending kita buat kesibukkan kecil dirumah dengan memasak cara membuat keripik lumpia yang enak, renyah, gurih dan yang pastinya kalian bisa menikmatinya dengan beberapa varian rasa yang kalian inginkan.

Cara Membuat Keripik Lumpia Renyah Yang Nikmatnya Seperti Odading Mang Oleh :

Bahan-bahan :

  • Kulit lumpia secukupnya.
  • 3 sendok makan tepung kanji/terigu.
  • Setengah gelas air putih.
  • Garam secukupnya.
  • Bumbu tabur keju manis (selera).
  • Cabe giling (selera mau rasa pedas atau orignal.
  • Minyak goreng secukupnya.

Cara Membuat Keripik Lumpia Renyah :

  1. Siapkan bahan perekat, dengan melarutkan tepung terigu dan air secukupnya. Dikira-kira saja tingkat keencerannya.
  2. Olesi tipis-tipis bagian pinggir kulit lumpia dengan bahan perekat.
  3. Gulung kulit lumpia dengan menggunakan bantuan sumpit. Setelah tergulung, tarik sumpitnya. Lakukan sampai kulit lumpia habis.
  4. Diamkan sekitar 10 menit, kemudian baru potong-potong dalam bentuk miring atau sesuai selera. Simpan di kulkas selama kurang lebih 15 menit (hal ini dilakukan agar kulit lumpia tidak mudah terbuka saat digoreng nantinya).
  5. Goreng kulit lumpia dengan minyak yang cukup banyak dan api sedang sampai berwarna cokelat keemasan. Angkat dan tiriskan lalu taruh di atas tisu dapur untuk mengurangi minyaknya.
  6. Taburi dengan bumbu tabur. (disini bisa menambahkan bumbu varian saja apa saja, apabila suka pedas silahkan tambah cabe giling yang tadi sudah dibuat, ataupun hanya ditaburi oleh garam saja supaya ada rasa asin gurihnya).

Manfaat Lumpia bagi Kesehatan Tubuh :

1. Menjaga kesehatan sel-sel dalam tubuh

Khasiat lumpia yang pertama dapat menjaga kesehatan sel-sel dalam tubuh. Kandungan protein yang ada di dalamnya dapat bermanfaat untuk menjaga dan melindungi sel-sel yang terdapat di dalam tubuh sehingga semua sel bisa berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, konsumsilah makanan ini.

2. Mengurangi resiko stroke

Stroke merupakan penyakit kronis yang ditandai dengan rusaknya sebagian dari otak. Untuk mengurangi resiko stroke anda bisa mengkonsumsi lumpia ini. Kandungan protein dan vitamin C yang ada dalamnya dapat mencegah resiko stroke.

3. Mengurangi resiko kanker

Kanker menjadi salah satu penyebab kematian terbesar sampai saat ini. Untuk mengurangi resiko kanker anda bisa mengkonsumsi lumpia. Kandungan vitamin C yang ada di dalamnya terbukti mampu melawan sel kanker dalam tubuh sehingga anda bisa terbebas dari resiko kanker.

4. Menurunkan kadar kolesterol jahat

Jika anda salah satu penderita kolesterol maka sebaiknya anda mengkonsumsi makanan ini. Kandungan antioksidan yang ada di dalamnya dapat menurunkan kadar koleterol sehingga makanan ini baik dikonsumsi bagi penderita kolesterol.

5. Meningkatkan fungsi otak

Kandungan B1 yang terdapat dalam makanan ini juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak. Dengan mengkonsumsi makanan ini maka akan membantu anda agar otak dapat berfungsi dengan baik.

 

Demikianlah resep cara membuat keripik lumpia renyah dan beberapa manfaat keripik lumpia untuk kesehatan tubuh kita. Selamat mencobanya, dan semoga bermanfaat untuk kalian semua. Enjoyy ya fren!!

The post Cara Membuat Keripik Lumpia Renyah Yang Nikmatnya Seperti Odading Mang Oleh appeared first on Bisnis Usaha Online.

]]>
Cara Bikin Keripik Bawang Keju Enaknya Seperti Menjadi Ironman https://bisnisusahaonline.com/cara-bikin-keripik-bawang-keju/ Mon, 21 Sep 2020 09:10:17 +0000 http://bisnisusahaonline.com/?p=4248 Siapa sih yang tak suka mengkonsumsi camilan seperti keripik? Apalagi dimasa pandemi seperti ini. Nah, pada artikel sebelumnya kan sudah dibahas mengenai bagaimana cara bikin keripik kentang gurih yang enak dan cocok disantap saat santai, kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara buat keripik bawang yang juga nikmat disantap saat masa pandemi seperti ini. […]

The post Cara Bikin Keripik Bawang Keju Enaknya Seperti Menjadi Ironman appeared first on Bisnis Usaha Online.

]]>
Siapa sih yang tak suka mengkonsumsi camilan seperti keripik? Apalagi dimasa pandemi seperti ini. Nah, pada artikel sebelumnya kan sudah dibahas mengenai bagaimana cara bikin keripik kentang gurih yang enak dan cocok disantap saat santai, kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara buat keripik bawang yang juga nikmat disantap saat masa pandemi seperti ini.

Keripik bawang atau banyak yang menyebutnya kue bawang, biasanya dijumpai disaat masa lebaran. Sembari bersilahturahmi kerumah sanak saudara, mengobrol dan bercengkerama dengan memakan camilan yang sudah disediakan di masing-masing rumah tersebut. Salah satunya yaitu jenis keripik-keripikan yang sering kita jumpai. Selain bisa dijadikan camilan, keripik juga dapat dijadikan sebagai menu pelengkap lauk saat makan dengan nasi.

Dimasa pandemi seperti ini, biasanya banyak orang yang mulai bosan dengan kehidupan karantina mereka. Terlebih adanya larangan keluar rumah demi memenuhi peraturan psbb (pembatasan sekala besar bersama) yang mewajibkan seluruh masyarakat untuk selalu dirumah dan tetap berjaga jarak. Hal ini menyebabkan mereka mulai bosan dan hanya menonton televisi ataupun beberapa serial film yang ada di sosial media.

Oleh karena itu, pada artikel ini akan kami berikan cara buat keripik bawang atau cara membuat kue bawang yang mungkin sedikit menambah pekerjaan rumah. Daripada hanya mengeluarkan uang untuk membeli stok camilan terus menerus, alangkah baiknya membuat camilan sendiri yang enak dan siapa tahu dapat menjadi ladang usaha baru di kala masa pandemi seperti ini.

Cara Bikin Keripik Bawang Keju Yang Enaknya Seperti Ironman!

Bahan-bahan :

  • Kaldu ayam 1 bungkus.
  • Telur 1 butir.
  • Lada bubuk 1 sendok teh.
  • Baking powder 1/2 sendok teh.
  • Garam 1/2 sendok teh.
  • 10 siung bawang merah.
  • 25 mili liter air.
  • 250 gram tepung terigu yang berprotein sedang.
  • 3 siung bawang putih.
  • Keju cheddar parut 50 gram.
  • Tepung kanji 50 gram.
  • Minyak 50 mili liter.
  • Minyak untuk menggoreng secukupnya.
  • Seledri secukupnya, iris tipis-tipis.

Cara Buat Keripik Bawang Keju :

  1. Pertama-tama siapkan semua bahan yang diperlukan dalam membuat keripik bawang keju.
  2. Selanjutnya haluskan masing-masing bawang merah dan bawang putih.
  3. Kemudian siapkan wadah untuk mencampur tepung terigu, tepung kanji dan baking powder. Lalu aduh hingga rata.
  4. Langkah selanjutnya siapkan wadah lain untuk mencampur telur, minyak dan juga air. Kemudian aduk rata.
  5. Setelah itu campurkan campuran tepung dan baking powder kedalam wadah berisi telur, mintak dan air. Aduk-aduk hingga merata lalu tambahkan bumbu halus seperti bawang merah, bawang puih, lada, garam, keju dan seledri. Lalu aduk-aduk sampai merata hingga adonan bisa diuleni.
  6. Jika adonan sudah kalis maka ambillah sedikit, kemudian gilas dengan menggunakan rolling pin atau penggilingan molen. Bila sudah mendapatkan lembaran tipis potong-potong sesuai selera.
  7. Siapkan wajan dan minyak goreng untuk menggoreng adonan kue bawang yang telah dicetak. Goreng menggunakan banyak minyak yang panas sampai mendapatkan warna cokelat kekuningan.
  8. Bila sudah angkat dan tiriskan, sambil menunggu dingin. Jika sudah dingin letakkan dalam toples agar tingkat kerenyahannya tetap terjaga.

Tips Dalam Membuat Keripik Bawang

  1. Untuk mendapatkan keripik bawang yang renyah sebaiknya tidak menggunakan banyak air, gunakan secukupnya air, menyesuaikan dengan komposisi bahan lainnya.
  2. Ketika mengaduk adonan sebaiknya tunggu sampai adonan tidak lembek lagi, karena ini akan menyebabkan adonan susah untuk digiling dan dipotong-potong nantinya. Selain itu saat menggoreng juga akan menggumpal. Sebagai solusi kalian bisa menggunakan mixer adonan agar tidak perlu sulit-sulit mengaduk hingga tidak legnket lagi.
  3. Untuk menggoreng adonan keripik bawang, pastikan minyak benar-benar merendam permukaan adonan. Karena dalam menggorengnya menggunakan teknik deep fry. Jika kalian kesusahan untuk menggoreng dengan wajan biasa yang hanya cukup untuk jumlah sedikit dalam menggoreng keripik bawang, kalian bisa menggunakan penggorengan deep fryer. Ini akan memudahkan kalian dalam menggoreng dengan jumlah yang banyak.
  4. Sebaiknya keripik bawang yang telah digoreng benar-benar ditiriskan minyaknya, ini bertujuan agar rasa keripik bawang tidak dirusak oleh minyak yang masih terkandung pada keripikbawang. Untuk meniriskan minyak secara manual kalian bisa mengalaskan tisue makan pada tempat meniriskan. Namun itu membutuhkan waktu yang lama dan kurang efisien. Kalian bisa menggunakan mesin spinner minyak untuk meniriskan minyak dengan hasil yang lebih maksimal dan efisien.
  5. Sekali lagi pastikan keripik bawang sudah benar-benar dingin saat anda akan mengemasnya. Ini akan menjaga kerenyaahan keripik bawang nantinya. Selain itu simpan di tempat yang benar-benar kedap udara agar kerenyahan keripik bawang tetap terjaga.

Itulah cara bikin keripik bawang keju yang nikmatnya seperti menjadi iron man dan beberapa tips cara bikin keripik bawang yang enak. Kalian bisa mencobanya dirumah kalian masing-masing. Selamaat menikmati dan semoga bermanfaat untuk kalian semua. Enjoyy ya frenn!!

The post Cara Bikin Keripik Bawang Keju Enaknya Seperti Menjadi Ironman appeared first on Bisnis Usaha Online.

]]>
Cara Bikin Keripik Kentang Gurih Yang Enak Dimakan Saat Santai https://bisnisusahaonline.com/cara-bikin-keripik-kentang-gurih/ Fri, 18 Sep 2020 07:52:44 +0000 http://bisnisusahaonline.com/?p=4242 Siapa yang tidak kenal dengan keripik kentang. Makanan ringan yang satu ini berupa kentang yang diiris tipis-tipis dan digoreng hingga benar-benar garing. Cara bikin keripik kentang sebenarnya sama dengan cara bikin keripik pisang dan keripik-keripik lainnya. Biasanya kripik kentang ini disajikan dengan rasa yang gurih. Camilan ringan satu ini memang sangat cocok disantap kapan saja. […]

The post Cara Bikin Keripik Kentang Gurih Yang Enak Dimakan Saat Santai appeared first on Bisnis Usaha Online.

]]>
Siapa yang tidak kenal dengan keripik kentang. Makanan ringan yang satu ini berupa kentang yang diiris tipis-tipis dan digoreng hingga benar-benar garing. Cara bikin keripik kentang sebenarnya sama dengan cara bikin keripik pisang dan keripik-keripik lainnya.

Biasanya kripik kentang ini disajikan dengan rasa yang gurih. Camilan ringan satu ini memang sangat cocok disantap kapan saja. Baik dinikmati di rumah bersama keluarga, maupun disantap sebagai bekal camilan saat piknik.

Kripik Kentang adalah potongan tipis kentang yang dimasak dengan cara digoreng atau dipanggang sampai kering. Keripik kentang umumnya disajikan sebagai makanan ringan atau pendamping makanan utama sebagai penutupnya.

Saat ini sudah banyak produk makanan keripik kentang yang dijual kemasan dalam berbagai merek. Mulai dari snack keripik kentang yang berasal luar negeri maupun produk keripik kentang industri rumahan khas Indonesia. Keduanya mempunyai rasa yang tidak kalah lezat. Bahkan saat ini sudah tersedia berbagai macam varian rasa yang bisa dinikmati

Bagi Anda yang tertarik, keripik kentang ini juga bisa dibuat sendiri di rumah. Cara bikin keripik kentang yang renyah dan lezat pun cukup mudah. Resep yang digunakan dalam pembuatannya cukup mudah, dan berikut beberapa resep camilan sehat cara bikin keripik kentang.

Cara Bikin Keripik Kentang Gurih Yang Enak Dimakan Saat Santai

Bahan-bahan :

  • 4 buah kentang (kupas kulit, iris tipis).
  • 2 liter air kapur.
  • Minyak goreng (secukupnya).

Bumbu Halus (Kering) :

  • 1/2 sdt bubuk bawang putih.
  • 1/2 sdt garam.
  • Sejumput gula halus.
  • Kaldu ayam bubuk (secukupnya).

Cara Bikin Keripik Kentang Yang Gurih :

  1. Kupas kentang dan cuci lalu iris tipis-tipis.
  2. Jika kentang sudah selesai diiris, rendam dengan air kapur kira-kira selama 1 jam. Agar rasa kentang makin gurih, kamu bisa menambahkan sedikit garam ke dalam air kapur.
  3. Angkat kentang dari rendaman air kapur dan tiriskan sampai kering atau keset kira-kira setengah jam.
  4. Panaskan minyak lalu goreng kentang hingga warnanya menjadi kuning dan kering.
  5. Angkat lalu tiriskan di wadah yang telah diberi alas tisu.
  6. Ketika keripik kentang sudah dingin, campur keripik dengan bumbu halus (kering) yang telah disediakan.
  7. Keripik kentang siap untuk disajikan.

Tips Cara Bikin Keripik Kentang Supaya Tidak Gagal dan Tetap Enak

1. Perhatikan Pemilihan Kentang

Agar mendapatkan hasil gorengan kentang yang renyah, maka anda semua harus benar-benar memperhatikan pemilihan kentang yang cukup bagus. Pastikan anda menggunakan kentang yang benar-benar segar, dengan ciri keras saat akan ditekan.

Kentang yang masih sangat segar biasanya akan menghasilkan tekstur yang garing dan sangat renyah ketika akan digoreng, sehingga akan sangat cocok apabila diolah menjadi keripik kentang.

Pastikan juga anda memilih kentang berukuran agak besar dengan permukaan yang cukup mulus dan halus agar rasa kentang tidak pahit nantinya saat akan di buat keripik.

2. Iris Kentang Dengan Ukuran Sama Rata

Hal paling penting yang harus anda perhatikan ketika akan membuat keripik kentang adalah ukuran irisan kentangnya hrus sesuai. Setelah dikupas dan dicuci dengan bersih, pastikan anda mengiris kentang dengan ukuran tipis yang sama rata agar matangnya pun bisa merata secara bersamaan.

Anda bisa mengiris kentang secara manual dengan bentuk korek api ataupun juga bisa dengan bentuk bulat tipis. Atau jika anda tidak punya cukup waktu, anda bisa memarutnya dengan  yang memiliki pengiris keripik berbahan stainless steel yang aman untuk digunakan.

Kalau menggunakan pengiris keripik ini, ukuran irisan kentang pasti akan sama rata besar dan juga tebalnya, anda pun bisa lebih mudah dalam menggorengnya nanti.

3. Rendam Kentang Dengan Larutan Air Garam

Meskipun anda sudah memilih kentang berkualitas cukup baik, anda tetap harus melakukan penanganan tambahan pada kentang, salah satunya adalah dengan cara merendam kentang yang sudah diiris tipis tadi kedalam air larutan garam.

Rendam kentang selama kurang lebih lima belas menit atau bisa lebih agar gentang nantinya saat digoreng tidak lengket, lalu cuci kembali kentang sampai bersih dan siap untuk digoreng.

4. Goreng Kentang Dalam Minyak Banyak

Salah satu hal yang mempengaruhi keberhasilan keripik kentang adalah tekstur kentangnya yang tetap renyah sesudah digoreng. Agar anda bisa mendapatkan tesktur seperti itu, anda harus menggoreng kentang dalam minyak panas dengan emnggunakan teknik deep frying.

Selama menggoreng, hindari memasukkan kentang terlalu banyak, karena akan membuat kentang sulit matang secara vbersamaan dan merata semuanya. Hindari juga terlalu sering mengaduk kentang selama digoreng atau kentang tidak terlalu banyak menyerap banyak minyak.

5. Buat Bumbu Bertekstur Kasar

Saat anda membuat bumbu untuk keripik kentang, sebaiknya jangan terlalu halus. Karena justru bumbu yang terlalu halus akan mudah menggumpal dan juga membuat tekstur kentang jadi tidak renyah seperti sesudah di goreng sebelumnya.

Sebaiknya buat bumbu yang bertekstur agak kasar agar tidak menggumpal dan juga bisa menyebar ke seluruh bagian kentang. Pastikan juga anda menumis bumbu dahulu sampai benar-benar matang sebelum dicampur bersama keripik kentangnya.

 

Sekian resep cara bikin keripik kentang yang gurih dan renyah, dan juga beberapa tips yang bisa kalian lakukan supaya keripik kentang yang kalian buat tetap awet dan tidak gagal. Selamat mencobanya dan semoga bermanfaat untuk kalian semua. Enjoyyy ya fren!!

The post Cara Bikin Keripik Kentang Gurih Yang Enak Dimakan Saat Santai appeared first on Bisnis Usaha Online.

]]>
Cara Buat Keripik Singkong Keju Yang Spesial Untuk Camilan https://bisnisusahaonline.com/cara-buat-keripik-singkong-keju/ Wed, 16 Sep 2020 20:26:13 +0000 http://bisnisusahaonline.com/?p=4236 Pada artikel sebelumnya, kita sudah membahas tentang cara bikin keripik pisang dengan beberapa varian rasa yang nikmat. Nah sekarang masih berhubungan dengan keripik juga, namun bedanya kali ini akan menggunakan bahan utamanya singkong. Cara buat keripik singkong, cukup mudah. Bahkan proses pembuatannya hampir sama dengan cara bikin keripik pisang. Singkong merupakan perdu tahunan tropis dan […]

The post Cara Buat Keripik Singkong Keju Yang Spesial Untuk Camilan appeared first on Bisnis Usaha Online.

]]>
Pada artikel sebelumnya, kita sudah membahas tentang cara bikin keripik pisang dengan beberapa varian rasa yang nikmat. Nah sekarang masih berhubungan dengan keripik juga, namun bedanya kali ini akan menggunakan bahan utamanya singkong. Cara buat keripik singkong, cukup mudah. Bahkan proses pembuatannya hampir sama dengan cara bikin keripik pisang.

Singkong merupakan perdu tahunan tropis dan sub tropis dari suku euphorbiaceae, yang umbinya dikenal luas sebagai salah satu makanan pokok penghasil karbohidrat dan daunnya sebagai sayuran. Selain itu, singkong juga dikenal dengan sebutan ketela pohon atau ubi kayu.

Singkong atau ketela pohon pertama kali dikenal di amerika serikat yang kemudian dikembangkan pada masa prasejarah di brasil dan paraguay, kurang lebih sekitar 10 ribu tahun yang lalu. Selain itu, produksi singkong sendiri di dunia diperkiran mencapai 192 juta ton.

Selain dijadikan sebagai keripik, banyak resep olahan singkong lainnya masih bisa dijadikan camilan ataupun peluang bisnis yang dapat dikembangkan. Daripada bingung, meding kita intip bagaimana cara buat keripik singkong keju yang enak ini.

Cara Buat Keripik Singkong Keju yang Enak Syekali!

Bahan-bahan :

  • 200gr tepung terigu protein sedang
  • 100gr singkong kukus yang dihaluskan
  • 20gr tepung maizena
  • ½ sdt baking powder
  • 1 butir telur yang dikocok lepas
  • 1 sendok makan kapur sirih
  • 25 ml air es
  • Minyak goreng
  • 30gr margarin
  • 50gr keju cheddar
  • 1 sdt garam

Cara Membuatnya :

  1. Singkong segar dikupas dan dicuci sampai benar-benar bersih.
  2. Selanjutnya iris singkong menggunakan alat khusus, agar hasil irisannya berukuran sama.
  3. Siapkan air dan masukan kapur sirih kemudian singkong yang sudah dipotong tipis rendam ke dalam air kapur sirih.
  4. Campurkan dan aduk rata singkong, garam, margarin, tepung maizena, air es, tepung terigu, telur, baking powder, dan keju
  5. Giling adonan, setelah itu potong dengan bentuk segitiga dan kerat sedikit bagian tengah
  6. Masukkan pada bagian lancip ke tengah
  7. Goreng adonan tersebut hingga matang
  8. Aduk rata hingga semua adonan tercampur
  9. Keripik singkong keju sudah siap untuk di sajikan

Tips Cara Buat Keripik Singkong Supaya Tetap Renyah dan Awet

1. Singkong Harus Tipis

Tips pertama, pengirisan singkong haruslah sangat tipis. Untuk memudahkannya, gunakanlah peeler yang biasa Anda pakai untuk mengupas kentang atau wortel. Atau, sekarang banyak beredar alat pengiris di pasaran.  Supaya irisan singkong bisa tipis, singkong jangan ditekan saat diiris. Semakin ditekan, singkong akan makin tebal, lo.

2. Rendam Dulu dengan Air Kapur Sirih

Agar renyah, jangan lupa untuk merendamnya di dalam air kapur sirih sebelum digoreng. Caranya, larutkan 1 sendok teh air kapur sirih dan 1 sendok teh garam dalam 750 ml air. Diamkan 15 menit lalu cuci bersih.

3. Menggoreng Singkong Jadi Keripik

Setelahnya, singkong harus digoreng dalam minyak yang sangat banyak sehingga singkong bisa terendam seluruhnya. Ingat, sekali menggoreng tidak boleh terlalu banyak agar keripik singkong bisa maksimal renyahnya. Masukkan irisan singkong ke dalam minyak panas lalu goreng dengan api sedang. Dengan begini, keripik singkong bisa matang, renyah, dan kering.

4. Membumbui Keripik Singkong

Nah, sekarang tinggal membumbui keripik singkong Anda.  Jika ingin balado, kita bisa menggunakan bubuk kentang rasa balado yang banyak dijual di pasaran.Taburkan pada keripik singkong dengan cara mengocoknya bersama di dalam plastik besar. Tapi ingat, ya, pastikan keripik kentang telah dingin dan tiris betul sebelum dibumbui.  Dengan begitu, keripik kentang balado akan jadi tahan lama renyahnya.

5. Simpan dengan Cara yang Benar

Setelah semua proses selesai, tinggal simpan keripik singkong balado dalam toples kedap udara.  Keripik kentang pun bisa disajikan berhari-hari dan jadi stok camilan favorit keluarga di rumah.

Itulah cara buat keripik singkong keju dan juga beberapa tips supaya keripik singkong yang kalian buat tetap renyah dan awet dalam jangka waktu yang panjang. Semoga kalian menyukainya dan bisa bermanfaat untuk kalian semuanya. Selamat mencobanya fren!

Enjoyyy!!

The post Cara Buat Keripik Singkong Keju Yang Spesial Untuk Camilan appeared first on Bisnis Usaha Online.

]]>
Cara Bikin Keripik Pisang Keju Renyah, Enak dan Endul Pisan Euy! https://bisnisusahaonline.com/cara-bikin-keripik-pisang-keju/ Wed, 16 Sep 2020 05:51:29 +0000 http://bisnisusahaonline.com/?p=4227 Keripik Pisang sendiri sebenarnya bisa anda jadikan sebagai snack ringan untuk menemani saat santai bersama keluarga, bisa juga sebagai oleh-oleh, atau acara seperti arisan, hajatan. Camilan olahan pisang ini memang terkenal gurih dan lezat. Kini keripik pisang muncul jadi Mau cokelat, balado, keju, dan masih banyak lagi lainnya. Cara bikin keripik pisang keju juga cukup […]

The post Cara Bikin Keripik Pisang Keju Renyah, Enak dan Endul Pisan Euy! appeared first on Bisnis Usaha Online.

]]>
Keripik Pisang sendiri sebenarnya bisa anda jadikan sebagai snack ringan untuk menemani saat santai bersama keluarga, bisa juga sebagai oleh-oleh, atau acara seperti arisan, hajatan. Camilan olahan pisang ini memang terkenal gurih dan lezat. Kini keripik pisang muncul jadi Mau cokelat, balado, keju, dan masih banyak lagi lainnya. Cara bikin keripik pisang keju juga cukup mudah, dan cara pembuatannya tentunya berbeda dengan cara membuat nuget pisang.

Camilan olahan pisang ini memang terkenal gurih dan lezat. Kini keripik pisang muncul jadi beragam varian rasa, tak hanya gurih dan manis, tapi dipadukan dengan bumbu pilihan lain sesuai selera. Mau cokelat, balado, keju, dan masih banyak lagi lainnya. Keripik pisang kemudian banyak dipasarkan dan dijual di banyak warung.

Kendati demikian, daripada kamu harus ribet membeli ke warung, cobalah untuk membuat keripik pisang ini sendiri. Mungkin beberapa orang tidak tahu kalau membuat keripik pisang ini mudah lho. Dikatakan mudah karena bahan utamanya hanya dari pisang, buah yang tidak mengenal musim, selalu ada setiap saat. Kalau kamu membuat keripik pisang di rumah, kamu bisa memilih varian rasa sesuai selera. Dan dengan bahan yang terjamin mutu dan kebersihannya, sehat dapat diraih, kepuasan lidah pun tak terelakkan.

Kamu juga bisa membuat banyak sekaligus, kemudian bisa disimpan untuk camilan bersama keluarga kapan pun kamu mau. Menariknya lagi, keripik pisang yang sudah kamu buat ini bisa jadi ladang uang untukmu. Kamu bisa mengemas keripik pisang buatanmu, lalu bisa dijadikan sebagai ide jualan makanan ringan dan bisa kalian jual lagi. Tak tanggung-tanggung, daya beli keripik pisang ini selalu laris manis di pasaran lho. Jadi kamu nggak perlu khawatir.

Ingin tahu bagaimana resepnya? Berikut merupakan cara bikin keripik pisang keju yang endul pisan rasanya!

Cara Bikin Keripik Pisang Keju Yang Endul Pisan!

Bahan-bahan :

  • 10 buah pisang ambon (bisa pisang yang lainnya)
  • 1 liter air besih
  • Keju parut secukupnya
  • 1 sdt kapur sirih
  • Bumbu bubuk rasa keju secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Bikin Keripik Pisang Keju :

  1. Kupas kulit pisang lalu iris tipis.
  2. Tuangkan air ke dalam wadah, masukkan kapur sirih, aduk rata.
  3. Rendam pisang selama 1 jam. Angkat dan tiriskan, lalu letakkan ke wadah kering lainnya.
  4. Taburi garam. Aduk rata.
  5. Goreng pisang di api sedang hingga berubah warna kecokelatan. Angkat dan tiriskan.
  6. Taruh pisang ke wadah, beri bubuk keju.
  7. Tutup wadah lalu kocok hingga bubuk keju rata pada pisang.
  8. Taburkan pisang dengan keju parut di atasnya.

Tips Cara Bikin Keripik Pisang Keju :

  • Kamu bisa mengiris pisang berbentuk bulat atau memanjang sesuai selera.
  • Pastikan kamu menggunakan banyak minyak hingga seluruh bagian pisang terendam. Hal ini akan berpengaruh terhadap kerenyahan.
  • Selain itu, goreng pisang secara bertahap alias jangan sampai penggorengan terisi terlalu penuh.
  • Tuang gula dengan cara melingkar dan rata ke semua bagian, jangan berpusat di satu titik saja.
  • Biasanya akan ada bagian gula yang gosong dalam minyak setelah dua atau tiga kali menggoreng. Sebaiknya saring sisa gosong tersebut terlebih dahulu, baru lanjutkan menggoreng.
  • Supaya warnanya lebih cantik, kamu bisa mencampur pewarna makanan kuning telur dengan air, lalu masukkan pisang ke dalamnya. Aduk hingga rata, baru digoreng.
  • Tambahkan taburan keju di atas pisang yang baru saja digoreng.

Itulah cara bikin keripik pisang keju dan juga beberapa tips untuk kalian yang akan membuat keripik pisang keju. Selamat mencobanya, semoga berhasil dan dapat dijadikan peluang bisnis yang menjanjikan untuk kalian semua. Enjoyyy!!

The post Cara Bikin Keripik Pisang Keju Renyah, Enak dan Endul Pisan Euy! appeared first on Bisnis Usaha Online.

]]>
Cara Membuat Nasi Briyani Kambing Yang Komplit https://bisnisusahaonline.com/cara-membuat-nasi-briyani-kambing/ Wed, 09 Sep 2020 08:12:28 +0000 http://bisnisusahaonline.com/?p=4220 Halo sahabat semuanya sebelumnya sudah membahas cara membuat nasi goreng bakso yang lezat nah sekarang pada artikel ini saya ingin berbagi tutorial cara membuat nasi briyani kambing yang komplit. Nah pada resep kali ini kita akan menggunakan rice cooker. Rice cooker sangat bermanfaat loh sahabat, selain digunakan untuk resep ini ternyata rice cooker juga bisa […]

The post Cara Membuat Nasi Briyani Kambing Yang Komplit appeared first on Bisnis Usaha Online.

]]>
Halo sahabat semuanya sebelumnya sudah membahas cara membuat nasi goreng bakso yang lezat nah sekarang pada artikel ini saya ingin berbagi tutorial cara membuat nasi briyani kambing yang komplit.

Nah pada resep kali ini kita akan menggunakan rice cooker. Rice cooker sangat bermanfaat loh sahabat, selain digunakan untuk resep ini ternyata rice cooker juga bisa banget digunakan untuk memasak nasi merah, memasak nasi kuning, memasak nasi goreng, memasak nasi kebuli, bahkan bisa untuk membuat memasak mie instan loh. Wah sangat berguna sekal

Gimana? udah penasaran belum dengan resep nasi briyani nya? Sebelum ke tutorialnya kita bahas dulu nih mengenai sejarah nasi briyani. Yuk langsung saja ke sejarah nasi briyani.

Sejarah Nasi Briyani

Nasi goreng ternyata sudah tidak asing lagi bagi masyarakat di Indonesia, sehingga orang tidak lagi peduli dari mana asalnya nasi goreng tersebut. Makanan ini sebenarnya adalah resep dari negeri tirai bambu. Nasi goreng sudah ada sejak ribuan tahun, sekitar 4000 SM.

Makanan ini bukan berasal dari Indonesia, melainkan sebagai makanan tradisional Tionghoa. Orang Tionghoa sudah tidak asing lagi dengan nasi. Awal mula nasi goreng berawal dari kecenderungan masyarakat Tionghoa yang tidak tega membuang sisa nasi.

Untuk menghindari pemborosan, mereka memilih menggoreng kembali sisa nasi. Agar tetap enak, sisa nasi digoreng lagi lalu ditambah bumbu, dan ditambahkan topping atau suplemen seperti sayur dan ayam. Jadilah nasi goreng.

Bagaimana kamu sampai ke indonesia Pada abad ke 10, komunitas Tionghoa mulai masuk ke Indonesia. saat itu mereka tersebar di berbagai pulau. Di tempat tinggal mereka dibuat nasi goreng. Namun yang membedakan adalah nasi gorengnya disesuaikan dengan bahan yang tersedia di dalam negeri atau di daerahnya.

Makanya, ada nasi goreng seafood untuk orang dari dekat pantai dan nasi goreng sayur untuk orang dari pegunungan.

Cara Membuat Nasi Briyani Kambing Yang Komplit

Bahan Bahan Cara Membuat Nasi Briyani Kambing

  • 1/2 kg nasi basmati
  • 2 sendok makan gula
  • 1/4 kg daging kambing
  • 1 sendok teh garam
  • 5 biji cengkeh
  • 1 buah nanas
  • 2 lembar daun salam
  • 1 batang serai
  • 5 biji kapulaga
  • 1 batang kayu manis
  • 5 siang bawang putih
  • 1/2 sendok teh jinten
  • 1 ruas jempol besar kunyit
  • 1/2 sendok teh merica
  • 1 ruas jari jahe
  • 1/2 sendok teh lada hitam
  • 2 buah tomat
  • 1/4 sendok teh ketumbar
  • 4 biji cabe keriting
  • 1 buah bawang bombay
  • 1 sendok makan Minyak zaitun
  • 2 biji cabe hijau
  • 1 sendok makan margarin
  • 2 liter air

Langkah Langkah Cara Membuat Nasi Briyani Kambing

  1. Cuci bilas beras basmati dan Rendam beras basmati selama 20 menit
  2. Haluskan bumbu : bawang putih, kunyit, gula garam, jahe, jinten, lada hitam, merica, ketumbar.
  3. Potong2 Bombay, dan tomat. Tumis bumbu halus beserta Bombay dan tomat, masukkan daun salam, cengkeh, kapulaga, serai geprek dengan margarin dan minyak zaitun
  4. Marinasi daging kambing yang telah dipotong kecil-kecil dengan nanas selama 10 menit. Kemudian masukkan dalam tumisan bumbu dan tambahkan air, masak dengan api kecil selama 1/2 jam
  5. Masukkan beras basmati dan tumisan bumbu Daging ke dalam rice cooker besar
  6. Setelah nasinya sudah matang, nasi briyaninya sudah bisa disantap. Selamat Mencoba 🙂

Resep Nasi Briyani

Nah itu dia resep cara membuat nasi briyani kambing yang komplit. Kalian bisa kreasikan topping untuk nasi briyani nya sesuai kreasi kalian ya.
Gimana… mudah bukan resepnya? jangan dibaca aja ya, kalian harus mencobanya juga. Kalian pasti sudah tidak sabar ya untuk mengikuti resep caramembuat nasi briyani kambing yang komplit. Selamat mencoba ya

 

 

The post Cara Membuat Nasi Briyani Kambing Yang Komplit appeared first on Bisnis Usaha Online.

]]>
Fakta Penggunaan Plastik Di Indonesia https://bisnisusahaonline.com/fakta-penggunaan-plastik-di-indonesia/ Wed, 09 Sep 2020 07:02:34 +0000 http://bisnisusahaonline.com/?p=4217 Selamat Datang di situs ini !!! kali ini saya akan membagikan ulasan tentang fakta penggunaan plastik di indonesia. baca dan pahami baik-baik ya. Insya Allah, di artikel kali ini kamu akan banyak mendapat ilmu. beberapa fakta fakta penggunaan sampah plastik di indonesia. Persoalan mengenai sampah tak pernah ada habisnya mulai dari pertumbuhan penduduk yang terus […]

The post Fakta Penggunaan Plastik Di Indonesia appeared first on Bisnis Usaha Online.

]]>
Selamat Datang di situs ini !!! kali ini saya akan membagikan ulasan tentang fakta penggunaan plastik di indonesia. baca dan pahami baik-baik ya. Insya Allah, di artikel kali ini kamu akan banyak mendapat ilmu. beberapa fakta fakta penggunaan sampah plastik di indonesia.

Persoalan mengenai sampah tak pernah ada habisnya mulai dari pertumbuhan penduduk yang terus meningkat, masyarakat yang konsumtif, sistem manajemen persampahan yang belum tepat dan pola hidup masyarakat yang tidak mengikuti “green life stlye” sudah pasti akan diikuti dengan meningkatnya produksi sampah di Indonesia. Terlebih sampah plastik, banyak dari sampah plastik tidak sampai ke tempat pembuangan sampah dan hanya sedikit yang dapat di daur ulang.

Dengan mendaur ulang sampah menjadi salah satu solusi cerdas dalam menangani masalah ini adalah dengan melakukan daur ulang menjadi kerajinan dari gelas plastik, yaitu memanfaatkan atau mengolah kembali sampah plastik jadi suatu benda atau kerajinan yang berguna untuk kehidupan kita.

Berikut 6 Fakta Tentang Penggunaan Plastik Di Indonesia:

Indonesia membuang sampah plastik 187,2 juta ton ke laut

Pada tahun 2015, Jenna Jambeck (seorang profesor teknik lingkungan dari University of Georgia, AS) dan timnya mengeluarkan data bahwa indonesia membuang sampah plastik ke laut sekitar 187,2 juta ton. Sampah plastik yang dibuang ke laut, bukan hanya merusak ekosistem laut namun akan masuk dan mengubah rantai makanan yang ada. Sampah plastik tersebut tidak akan akan menghilang ataupun terurai melainkan akan berubah bentuk menjadi ukuran kecil yang disebut dengan mikroplastik. Mikroplastik ini yang dikhawatirkan akan dimakan ataupun termakan oleh ikan kecil ataupun sedang, yang selanjutnya ikan tersebut termakan oleh predator lainnya. Dalam jangka panjang, akumulasi mikroplastik ini akan berubah menjadi racun dan mengancam kualitas pangan yang ada. Terlebih yang paling dikhawatirkan adalah termakannya ikan yang sudah terkontaminasi oleh mikroplastik tersebut kedalam tubuh manusia.

Indonesia menjadi penyumbang limbah plastik kedua terbesar ke laut di dunia

Dengan total 187,2 juta ton sampah plastik yang terbuang ke laut, telah sukses membuat Indonesia menempati peringkat ke 2 dalam penyumbang limbah pastik ke laut di dunia setelah Cina yang mencapai 262,9 juta ton. Sampah yang tidak terkelola dan pola masyarakat membuang sampah di sungai ataupun kawasan pesisir menjadi faktor pendukung adanya sampah lautan. Air permukaan, baik yang mengalir maupun yang tergenang (danau, waduk, rawa) dan sebagian air bawah permukaan (sungai-sungai) bergabung satu sama lain dan membentuk sungai utama yang membawa seluruh air permukaan disekitar daerah aliran sungai menuju laut, dimana wilayah pesisir Indonesia mencakup 50% areal daratan, dengan tingkat populasi 70% tinggal di wilayah ini. Hal tersebut yang bisa membuat terkumpulnya sampah di lautan.

Di Indonesia, pada 1 toko/gerai menghasilkan kantong plastik 300 lembar per hari

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) sebelumnya telah mengeluarkan kebijakan kantong plastik tidak gratis atau berbayar. Namun uji coba tersebut itu hanya berlaku selama beberapa bulan saja dan hingga saat ini belum ada tindak lanjutnya dari pemerintah. Pada laporan yang dikeluarkan oleh KLHK pada 1 toko/gerai menghasilkan kantong plastik 300 lembar per hari yang mana sebagian besarnya akan menjadi sampah, bahkan 50%nya kantong plastik hanya akan digunakan sekali dan selebihnya di buang.

Di Indonesia, pada kota besar 1 orang menggunakan kantong plastik 700 lembar per tahun

Jika dalam satu hari, satu orang menghasilkan 2 kantong plastik dan di kalikan 365 hari berari sudah berapa banyak kantong plastik yang terbuang? Seperti data Greeneration pada tahun 2008, 1 orang menghasilkan 700 lembar kantong plastik per tahun.

Di Indonesia, pada 32.000 gerai menghasilkan 9,6 juta kantong plastik perhari atau 21.024 hektar per tahun

Dari 32.000 gerai/toko yang tercatat sebagai anggota APRINDO di seluruh Indonesia, diperkirakan menghasilkan 9,6 juta kantong plastik per hari atau setara luasnya 21,024 hektar per tahunnya

Di Indonesia, 9,85 miliar sampah kantong plastik di hasilkan setiap tahunnya

Selama lebih dari 50 tahun, produksi dan konsumsi plastik global terus mengalami peningkatan. Plastik secara bertahap menggantikan bahan-bahan seperti kaca dan logam, saat ini rata-rata orang Eropa Barat dan Amerika Utara memakai sekitar 100 kilogram plastik setiap tahunnya, dan di Indonesia setiap tahunnya menghasilkan 9,85 miliar sampah kantong plastik.

Berbagai upaya harus dilakukan untuk tidak menimbulkan sampah plastik. Meminimalkan sampah plastik jalan terbaik menghindari dampak dari sampah plastik. Banyak hal dapat dilakukan seperti kebijakan KLHK dengan kantong plastik berbayar, tidak membuang sampah plastik akan tetapi mendaur ulang sampah plastik.

Yuk !!! Mulai sekarang kita ubah hidup kita dengan mengurangi penggunaan plastik.

Itulah pembahasan tentang fakta penggunaan plastik di indonesia, kalian bisa lihat di artikel limbah rumah tangga yang sulit terurai, Jika anda belum bisa untuk mendaur ulang sampah plastik sendiri, bawa ketempat pendaur ulangan sampah. Disana, plastik akan dihancurkan menjadi kecil – kecil dengan mesin pengolah limbah plastik dan hasil pengolahannya biasanya juga dibuat kerajinan.

Selamat berkreatifitas dan semoga bisa memanfaatkan sampah plastik yang bertebaran dibumi kita.

 

The post Fakta Penggunaan Plastik Di Indonesia appeared first on Bisnis Usaha Online.

]]>
Jenis Jenis Plastik Daur Ulang https://bisnisusahaonline.com/jenis-jenis-plastik-daur-ulang/ Wed, 09 Sep 2020 06:38:58 +0000 http://bisnisusahaonline.com/?p=4209 Selamat Datang di situs ini !!! kali ini saya akan membagikan ulasan tentang jenis jenis plastik daur ulang. baca dan pahami baik-baik ya. Insya Allah, di artikel kali ini kamu akan banyak mendapat ilmu. betapa banyaknya jenis jenis plastik. Jenis Jenis Plastik Daur Ulang Plastik dapat menyebabkan bencana bagi lingkungan maupun manusia sendiri. Tahukah maksud […]

The post Jenis Jenis Plastik Daur Ulang appeared first on Bisnis Usaha Online.

]]>
Selamat Datang di situs ini !!! kali ini saya akan membagikan ulasan tentang jenis jenis plastik daur ulang. baca dan pahami baik-baik ya. Insya Allah, di artikel kali ini kamu akan banyak mendapat ilmu. betapa banyaknya jenis jenis plastik.

Jenis Jenis Plastik Daur Ulang

Plastik dapat menyebabkan bencana bagi lingkungan maupun manusia sendiri.

Tahukah maksud dari simbol diatas, dapat didaur ulang?. Mungkin sebagian orang mengartikannya begitu, namun itu kurang tepat. Sebenarnya tidak bisa semua plastik yang mempunyai simbol tersebut dapat di daur ulang.

Simbol segitiga dengan panah sebenarnya menunjukan bahan yang digunakan untuk pembuatan.

Sebagian Negara memiliki skema daur ulang yang bisa dengan mudah dapat mendaur ulang plastik dengan code 1, 2, 5 dan 6.

Plastik dengan code 3, 4 dan 7 sangat sulit untuk didaur ulang. Beberapa ahli kesehatan kawatir tentang resiko bocornya bahan kimia dari plastik code 3, 6 dan 7.

Kandungan kimia dapat bocor dan mencemari makanan atau minuman jika digunakan dalam waktu yang lama atau untuk menyimpan air panas.

Plastik dengan code 7 mengandung bahan kimia yang sangat berbahaya, bahan kimia ini disebut dengan bisphenol A (BPA).

Beberapa ilmuwan mengklaim bahwa BPA dapat menjadi hormon disruptor dan mengakibatkan penyakit seperti kanker dan menganggu perkembangan anak.

Selain jenis jenis plastik daur ulang, Baca juga cara mengatasi sampah plastik agar anda bisa berupaya untuk menghindari penggunaan plastik karena penggunaan plastik dapat membuat limbah plastik bertambah banyak.

Kode Plastik

Jenis PETE (Polyethylne Terephthalate) atau code 1

PETE yaitu jenis plastik yang sering dipakai untuk botol plastik tembus pandang seperti botol air mineral, samapai semua botol mineral menggunakan PETE.

Botol jenis PETE direkomendasikan hanya untuk sekali pakai saja, mengapa demikian? karena apabila terlalu sering dipakai apalagi untuk air panas akan mengakibatkan melelehkan lapisan polymer

Botol dan mengeluarakan zat karsinogenik yang bisa mengakibatkan kanker bila dikomsusi dalam jangka panjang.

Jadi jangan terlalu sering memakai botol plastik terus menerus, atau gunakan botol kaca.

Jenis HDPE (High Density Polyethylne) atau code 2

High Density Polyethylne atau HDPE mempunyai sifat yang sangat kuat, keras, dan lebih tahan lama kepada suhu tinggi.Code 2 biasa dipakai untuk membuat botol susu, galon air , tupperware,dan lain-lain.

HDPE merupakan bahan plastik yang sedikit lebih aman untuk digunakan dikarenakan kemampuannya untuk mencegah reaksi kimia antara kemasan berbahan HDPE dengan makanan.

Meskipun demikian plastik jenis hanya direkomendasikan untuk sekali pakai saja, dikarenakan pelepasan senyawa antimoni trioksida yang dapat meningkat seiring penggunaan terus-menerus.

Jenis PVC (Polyvinly Chloride) code 3

Polyvinly Chloride atau PVC bahan ini biasa terdapat pada sebuah plastik pembungkus dan botol-botol, code 3 sebenarmya cukup sulit didaur ulang.

Didalam PVC ada DEHA pada plastik pembungkus yang dapat bocor dan masuk ke makanan berminyak bila dipanaskan kurang lebih selama 15 menit.

Reaksi PVC terhadap makana berpotensi berbahaya untuk hati dan ginjal, sebaiknya jangan guanakan code 3 untuk membungkus makanan.

Jenis LDPE (Low Density Polyethylne) code 4

Low Density Polyethylne atau LDPE adalah jenis yang biasa dipakai untuk tempat makanan, kemasan makanan, dan beberapa botol air mineral.Bahan plastik code 4 dapat didaur ulang dan baik dalam barang-barang yang memerlukan fleksibilitas tapi kuat.

Code 4 memang sulit dihancurkan tetapi baik untuk tempat makan karena sulit bereaksi secara kimiawi dengan makanan.

Jenis PP (Polypropylene) code 5

Poly Styrene atau PP merupakan pilihan terbaik untuk menyimpan makan maupun minuman. Karakteristik PP adalah transparan, cukup mengkilat, tidak terlalu jernih.

PP juga kuat dan ringan, daya tembus uap kecil, ketahanan yang baik terhadap lemak, dan stabil terhadap suhu tinggi.

Jenis PS (Polystyrene) code 6

PP biasa dipakai sebagai tempat makan styrofoam, gelas styrofoam, dll.Bahan polystyrene berpotensi mengeluarkan bahan styrine kemakanan.

Bahan styrine sangat berbahaya untuk kesehatan otak, reproduksi wanita, dan sistem syaraf. Styrine juga bisa berasal dari rokok, bahan kontruksi bangunan, dan asap kendaraan.

Bahan polystyrene sudah jarang dipakai di beberapa negara di amerika dan cina.

Other

Other sendiri mengacu pada 4 jenis bahan yaitu yaitu SAN (styrene acrylonitrile), ABS (acrylonitrile butadiene styrene), PC (polycarbonate) dan Nylon.

Bahan jenis other yang biasa dijumpai adalah PC (polycarbonate), bahan ini biasa digunakan pada botol minuman olahraga,alat-alat rumah tangga,bahan suku cadang mobil, alat elektronik,dan plastik kemasan.

PP mengandung zat Bisphenol-A yang dapat merusak sistem hormon.

kalian bisa lihat di artikel limbah rumah tangga yang sulit terurai, Jika anda belum bisa untuk mendaur ulang sampah plastik sendiri, bawa ketempat pendaur ulangan sampah. Disana, plastik akan dihancurkan menjadi kecil – kecil dengan mesin pengolah limbah plastik dan hasil pengolahannya biasanya juga dibuat kerajinan.

Artikel jenis jenis plastik daur ulang ini semoga bermanfaat dan membantu Anda ke depannya. Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan,  Sekian dari saya, terima kasih.

 

The post Jenis Jenis Plastik Daur Ulang appeared first on Bisnis Usaha Online.

]]>
Cara Membuat Nasi Goreng Bakso Yang Lezat https://bisnisusahaonline.com/cara-membuat-nasi-goreng-bakso/ Wed, 09 Sep 2020 06:23:46 +0000 http://bisnisusahaonline.com/?p=4208 Halo sahabat semuanya sebelumnya sudah membahas cara membuat nasi liwet teri enak dan gurih nah sekarang pada artikel ini saya ingin berbagi tutorial cara membuat nasi goreng bakso yang lezat. Gimana? udah penasaran belum dengan cara masak nasi gorengnya? Sebelum ke tutorialnya kita bahas dulu nih mengenai sejarah nasi goreng. Yuk langsung saja ke sejarah […]

The post Cara Membuat Nasi Goreng Bakso Yang Lezat appeared first on Bisnis Usaha Online.

]]>
Halo sahabat semuanya sebelumnya sudah membahas cara membuat nasi liwet teri enak dan gurih nah sekarang pada artikel ini saya ingin berbagi tutorial cara membuat nasi goreng bakso yang lezat.

Gimana? udah penasaran belum dengan cara masak nasi gorengnya? Sebelum ke tutorialnya kita bahas dulu nih mengenai sejarah nasi goreng. Yuk langsung saja ke sejarah nasi goreng.

Sejarah Nasi Goreng

Nasi goreng ternyata tidak asing lagi bagimasyarakat di Indonesia, hingga orang tidak lagi peduli dari mana sih asal nasi goreng itu. Makanan satu ini sebenarnya adalah resep bawan dari negeri tirai bambu. Nasi goreng ternyata sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu, yaitu sekitar tahun 4000 Sebelum Masehi.

Makanan ini bukan berasal dari Indonesia, melainkan sebagai makanan tradisional masyarakat Tionghoa. Masyarakat Cina memang sudah tidak asing lagi dengan nasi. Awal mulanya nasi goreng berasal dari kecenderungan masyarakat Cina yang tidak tega membuang nasi sisa.

Untuk menghindari agar tidak mubazir, mereka memilih untuk menggoreng kembali nasi yang sisa. Agar tetap enak, nasi sisa digoreng lagi lalu ditambahi bumbu bumbu penyedap, dan juga mereka menambahkan topping atau pelengkap seperti sayur dan ayam. Jadilah nasi goreng.

Bagaimana bisa sampai di Indonesia? Pada abad ke-10, masyarakat Tionghoa mulai masuk ke Indonesia. saat itu mereka tersebar di berbagai pulau. Di tempat yang mereka diami, dibuatlah nasi goreng. Namun yang bikin berbeda, nasi goreng tersebut disesuaikan dengan bahan yang terdapat ditempat atau di daerah tersebut.

Maka dari itu ada nasi goreng seafood untuk orang daerah dekat pantai dan nasi goreng sayur untuk masyarakat daerah pegunungan.

Cara Membuat Nasi Goreng Bakso Yang Lezat

Bahan Bahan Cara Membuat Nasi Goreng Bakso

  • 1 piring Nasi putih
  • 3 butir bakso
  • 2 tomat sayur (opstional)
  • 5 bawang merah
  • 1 butir telur
  • 2 bawang putih
  • 5 lombok merah ukuran sedang
  • 1 helai daun bawang
  • secukupnya Garam
  • sejumput Merica
  • 2 sdm kecap asin
  • sesuai selera Kecap manis
  • 2 sdm Saus tiram
  • Kaldu bubuk (opstional)
  • Minyak untuk menggoreng

Langkah Langkah Cara Membuat Nasi Goreng Bakso

  1. Potong brambang bawangnya kecil kecil, lombok dan bakso potong menjadi beberapa bagian, kemudian tumis sampai harum, setelah minyak panas. (Minyak jangan terlalu banyak. Lebih baik, kalau kurang baru nambah.) Aduk sesekali.
  2. Setelah bau harum, dan lombok, bawang brambang lemas,bakso agak kering (atau sesuai selera), masukkan telor sambil diorak arik. Tambahkan garam, merica. Sesekali aduk dan biarkan sampai matang
  3. Setelah matang semua, masukkan nasi putih, aduk rata. Setelah nasi lemas, tambahkan saus tiram, kecap manis, kaldu bubuk. Aduk sampai rata dan koreksi rasa
  4. Setelah diaduk dan dicicip, bisa masukkan tomat, disesuaikan dengan selera ya, untuk kadar empuknya tomat. Dan setelah cocok, tambahkan daun bawang yang sudah dipotong kecil, aduk rata dan siap dihidangkan
  5. Jangan lupa ditambahkan acar, bawang goreng tapi itu opsiional ya, selamat mencoba 🙂

Resep Nasi Goreng

Nah itu dia resep cara membuat nasi goreng bakso yang lezat. Kalian bisa kreasikan topping untuk nasi gorengnya sesuai kreasi kalian ya. Oh iya untuk resepnya sendiri kalian bisa banget menggunakan rice cooker besar atau kalian juga bisa menggunakan alat penanak nasi besar.
Gimana… mudah bukan resepnya? jangan dibaca aja ya, kalian harus mencobanya juga. Kalian pasti sudah tidak sabar ya untuk mengikuti resep cara masak nasi goreng yang enak seperti di restoran. Selamat mencoba ya

 

 

The post Cara Membuat Nasi Goreng Bakso Yang Lezat appeared first on Bisnis Usaha Online.

]]>